RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/Genap
Materi Pokok :
Logika Matematika
Alokasi Waktu :
1 Pertemuan (2 × 45
menit)
Standar
Kompetensi
|
:
|
4. Menggunakan logika matematika
dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan
pernyataan berkuantor.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
4.1. Memahami
pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya.
|
Indikator
|
:
|
1.
Menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan.
2.
Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.
3.
Menjelaskan arti dan contoh dari kalimat terbuka.
|
Pengetahuan
Prasyarat
|
:
|
1.
Mengetahui
macam-macam kalimat.
2.
Mengetahui
fakta-fakta yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Menyelesaikan
perhitungan-perhitungan matematika.
|
A.
Tujuan
1.
Siswa dapat menjelaskan
arti dan contoh dari pernyataan.
2.
Siswa
dapat menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.
3.
Siswa
dapat menjelaskan arti dan contoh dari kalimat terbuka.
B.
Materi
Ajar
Pernyataan
dan Kalimat Terbuka.
C.
Strategi
Model Pembelajaran :
Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
Metode Pembelajaran :
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, dan diskusi
D.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
No
|
Langkah
|
Kegiatan
|
Pendidikan Karakter
|
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||||
1.
|
Pendahuluan
|
a. Membuka
pelajaran dengan doa dan salam.
b. Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyampaikan model pembelajaran yang akan digunakan yaitu model pembelajaran
kooperatif tipe NHT.
d. Memotivasi siswa dengan memberikan pengarahan bahwa
aktif dalam pembelajaran dapat menunjang untuk mendapatkan prestasi belajar
yang baik.
e. Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya
jawab macam-macam kalimat, fakta-fakta yang ada dalam kehidupan sehari-hari,
dan perhitungan-perhitungan matematika.
|
a. Menjawab
salam dan berdoa.
b. Menjawab kabar.
c. Mendengarkan
apa yang disampaikan guru.
d. Mendengarkan
dengan seksama apa yang disampaikan guru.
e. Menjawab pertanyaan.
|
Religius
Perhatian
Perhatian
Perhatian
Perhatian
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Ekplorasi
b.
Elaborasi
c.
Konfirmasi
|
1.
Menerangkan
sedikit materi tentang arti, contoh-contoh, dan nilai kebenaran dari pernyataan, serta arti dan
contoh-contoh dari kalimat terbuka.
2.
Guru
melakukan tanya jawab untuk memfokuskan perhatian siswa.
3. Penomoran
(Numbered)
a.
Membagi
siswa menjadi kelompok-kelompok.
b.
Seluruh
siswa dibagi menjadi 6 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 anggota
secara heterogen berdasarkan kemampuan akademik, jenis kelamin, dan ras.
c.
Masing-masing
siswa dalam sebuah kelompok diberi nomor yang berbeda, yaitu 1 sampai dengan 5
sesuai dengan anggota kelompok.
4.
Mengajukan
pertanyaan (Questioning)
a.
Membagikan
LKS 1 kepada setiap kelompok untuk diselesaikan.
5. Berpikir
Bersama (Head Together)
a.
Mendampingi
siswa berdiskusi melakukan kegiatan yang terdapat dalam LKS 1 tersebut bersama
anggota kelompok untuk mempelajarai permasalahan yang diberikan.
6.
Pemberian
Jawaban
a.
Memanggil
siswa yang sudah menyelesaikan pekerjaannya, siswa dipanggil secara acak sesuai
dengan nomor untuk menerangkan hasil kerja kelompoknya.
b.
Memberi
bimbingan dalam kegiatan presentasi.
c.
Bersama siswa
mengklarifikasikan dan menyimpulkan hasil pekerjaannya (presentasi).
d.
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang kurang dimengerti berkaitan
dengan materi.
e.
Memberi
soal evaluasi.
|
1. Mendengarkan
dengan seksama apa yang disampaikan guru.
2. Menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
3.
Penomoran (Numbered)
Berkelompok dan menerima nomor undian.
4. Mengemukakan
idenya tentang bagaimana cara menyelesaikan LKS 1 tersebut
dengan cara mereka sendiri.
5. Berpikir
Bersama (Head Together)
a.
Anggota kelompok
yang belum memahami bertanya kepada anggota yang lain yang telah memahami
materi yang diberikan.
b.
Setiap
anggota kelompok memastikan semua anggota kelompoknya memahami dan mengerti
hasil pekerjaan mereka.
6.
Pemberian
Jawaban
a.
Siswa
yang dipanggil menerangkan hasil kerja kelompoknya.
b.
Siswa
lain mendapat kesempatan untuk bertanya atau menanggapi hasil presentasi.
c.
Memperhatikan dan
menyimak jawaban yang diklarifikasi oleh guru.
d.
Mengkaji ulang
proses-proses dan hasil dalam memecahkan masalah.
e.
Mengerjakan
soal evaluasi.
|
Perhatian
Percaya diri
Mandiri
dan tanggung jawab
Berani, kritis dan tanggung jawab.
Tekun, kritis, disiplin, kerja keras, tanggung jawab, dan
mandiri.
Perhatian, kreatif,
kerja keras, mandiri, kritis, teliti, percaya diri, dan
tanggung jawab.
|
70
menit
|
3.
|
Penutup
|
1.
Memberikan
penghargaan.
2.
Mengakhiri pembelajaran
dengan meminta siswa untuk mempelajari kembali materi terutama bagi siswa
yang belum paham.
3.
Menginformasikan materi
berikutnya adalah menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan
beserta nilai kebenarannya.
4.
Menutup pelajaran
dengan berdoa dan mengucap salam.
|
1.
Menerima penghargaan sesuai dengan hasil yang dicapai kelompok mereka.
2.
Menutup pelajaran
dengan berdoa dan menjawab salam.
|
Perhatian
Religius
|
15 menit
|
E.
Alat
dan Sumber Belajar
1.
Alat
a. Spidol
b. Papan
tulis
2.
Sumber
Belajar
a. Buku
paket, yaitu Buku Matematika Kelas X Semester II
b. LKS
c. Internet
F.
Penilaian
Hasil
Belajar
1. Teknik
: Tes tertulis
2. Bentuk
Instrumen : Uraian
3. Contoh
Instrumen
Bentuk Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
Di antara
kalimat-kalimat berikut ini, manakah yang merupakan pernyataan dan manakah
yang merupakan kalimat terbuka? Jika kalimat itu merupakan pernyataan, tentukan
pula nilai kebenarannya (benar atau salah).
a.
5 adalah
bilangan ganjil.
b.
Ayam
adalah binatang buas.
c.
Tutup
pintu itu!
d.
![]()
e.
Berapakah nilai
9 × 5?
|
a dan b
merupakan kalimat pernyataan.
Kalimat a
merupakan pernyataan benar dan kalimat b merupakan pernyataan salah.
c dan e bukan
merupakan kalimat pernyataan.
d merupakan
kalimat terbuka.
|
5
|
G.
Pedoman
Penilaian
Pedoman
penilaian masing-masing soal jika dijawab benar dengan proses yang benar.
Perhitungan nilai akhir skala 0 – 100 sebagai berikut.

Yogyakarta, 3 Januari 2016
Mengetahui
|
|
|
Dosen Pengampu
Dra. M.M. Endang Susetyawati,
M.Pd
NIP 19620516 198803 2 001
|
|
Guru Mata Pelajaran
Citra Murti
Anggraini
NIM
14144100078
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar