Kamis, 08 Desember 2016

RPP KTSP Logika Matematika



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan  : SMA
Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas/Semester       : X/Genap
Materi Pokok          : Logika Matematika
Alokasi Waktu        : 1 Pertemuan (2 × 45 menit)

Standar Kompetensi
:
4. Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
Kompetensi Dasar
:
4.1. Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya.
Indikator
:
1.      Menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan.
2.      Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.
3.      Menjelaskan arti dan contoh dari kalimat terbuka.
Pengetahuan Prasyarat
:
1.      Mengetahui macam-macam kalimat.
2.      Mengetahui fakta-fakta yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Menyelesaikan perhitungan-perhitungan matematika.

A.  Tujuan
1.      Siswa dapat menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan.
2.      Siswa dapat menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.
3.      Siswa dapat menjelaskan arti dan contoh dari kalimat terbuka.
                                                                             
B.  Materi Ajar
Pernyataan dan Kalimat Terbuka.

C.  Strategi
Model Pembelajaran           : Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
Metode Pembelajaran         : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, dan diskusi

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Langkah
Kegiatan
Pendidikan Karakter
Waktu
Guru
Siswa
1.
Pendahuluan
a.    Membuka pelajaran dengan doa dan salam.
b.    Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
c.    Menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyampaikan model pembelajaran  yang akan digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
d.   Memotivasi siswa dengan memberikan pengarahan bahwa aktif dalam pembelajaran dapat menunjang untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik.
e.    Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab  macam-macam kalimat, fakta-fakta yang ada dalam kehidupan sehari-hari, dan perhitungan-perhitungan matematika.
a.    Menjawab salam dan berdoa.

b.    Menjawab kabar.



c.    Mendengarkan apa yang disampaikan guru.









d.   Mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan guru.






e.    Menjawab pertanyaan.

Religius


Perhatian


Perhatian











Perhatian









Perhatian


5 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Ekplorasi
















































b.   Elaborasi




















c.    Konfirmasi


1.    Menerangkan sedikit materi tentang arti, contoh-contoh, dan nilai kebenaran dari pernyataan, serta arti dan contoh-contoh dari kalimat terbuka.
2.    Guru melakukan tanya jawab untuk memfokuskan perhatian siswa.
3.    Penomoran (Numbered)
a.    Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok.
b.    Seluruh siswa dibagi menjadi 6 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 anggota secara heterogen berdasarkan kemampuan akademik, jenis kelamin, dan ras.
c.    Masing-masing siswa dalam sebuah kelompok diberi nomor yang berbeda, yaitu 1 sampai dengan 5 sesuai dengan anggota kelompok.
4.    Mengajukan pertanyaan (Questioning)
a.    Membagikan LKS 1 kepada setiap kelompok untuk diselesaikan.
5.    Berpikir Bersama (Head Together)
a.    Mendampingi siswa berdiskusi melakukan kegiatan yang terdapat dalam LKS 1 tersebut bersama anggota kelompok untuk mempelajarai permasalahan yang diberikan.







6.    Pemberian Jawaban
a.    Memanggil siswa yang sudah menyelesaikan pekerjaannya, siswa dipanggil secara acak sesuai dengan nomor untuk menerangkan hasil kerja kelompoknya.
b.    Memberi bimbingan dalam kegiatan presentasi.
c.    Bersama siswa mengklarifikasikan dan menyimpulkan hasil pekerjaannya (presentasi).
d.   Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang kurang dimengerti berkaitan dengan materi.
e.    Memberi soal evaluasi.

1.    Mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan guru.





2.    Menjawab pertanyaan yang diberikan guru.

3.    Penomoran (Numbered)
Berkelompok dan menerima nomor undian.























4.    Mengemukakan idenya tentang bagaimana cara menyelesaikan LKS 1 tersebut dengan cara mereka sendiri.

5.    Berpikir Bersama (Head Together)
a.    Anggota kelompok yang belum memahami bertanya kepada anggota yang lain yang telah memahami materi yang diberikan.
b.    Setiap anggota kelompok memastikan semua anggota kelompoknya memahami dan mengerti hasil pekerjaan mereka.
6.    Pemberian Jawaban
a.    Siswa yang dipanggil menerangkan hasil kerja kelompoknya.
b.    Siswa lain mendapat kesempatan untuk bertanya atau menanggapi hasil presentasi.
c.    Memperhatikan dan menyimak jawaban yang diklarifikasi oleh guru.
d.   Mengkaji ulang proses-proses dan hasil dalam memecahkan masalah.
e.    Mengerjakan soal evaluasi.

Perhatian








Percaya diri



Mandiri dan tanggung jawab

























Berani, kritis dan tanggung jawab.




Tekun, kritis, disiplin, kerja keras, tanggung jawab, dan mandiri.














Perhatian, kreatif, kerja keras, mandiri, kritis, teliti, percaya diri, dan tanggung jawab.

70 menit
3.
Penutup
1.    Memberikan penghargaan.
2.    Mengakhiri pembelajaran dengan meminta siswa untuk mempelajari kembali materi terutama bagi siswa yang belum paham.
3.    Menginformasikan materi berikutnya adalah menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.
4.    Menutup pelajaran dengan berdoa dan mengucap salam.
1.    Menerima penghargaan sesuai dengan hasil yang dicapai kelompok mereka.
2.    Menutup pelajaran dengan berdoa dan menjawab salam.
Perhatian


















Religius
15 menit


E.  Alat dan Sumber Belajar
1.    Alat
a.    Spidol
b.    Papan tulis
2.    Sumber Belajar
a.    Buku paket, yaitu Buku Matematika Kelas X Semester II
b.    LKS
c.    Internet

F.   Penilaian Hasil Belajar
1.      Teknik                          : Tes tertulis
2.      Bentuk Instrumen        : Uraian
3.      Contoh Instrumen
Bentuk Soal
Kunci Jawaban
Skor
Di antara kalimat-kalimat berikut ini, manakah yang merupakan pernyataan dan manakah yang merupakan kalimat terbuka? Jika kalimat itu merupakan pernyataan, tentukan pula nilai kebenarannya (benar atau salah).
a.       5 adalah bilangan ganjil.
b.      Ayam adalah binatang buas.
c.       Tutup pintu itu!
d.     
e.       Berapakah nilai 9 × 5?







a dan b merupakan kalimat pernyataan.
Kalimat a merupakan pernyataan benar dan kalimat b merupakan pernyataan salah.
c dan e bukan merupakan kalimat pernyataan.
d merupakan kalimat terbuka.
5


G.    Pedoman Penilaian
Pedoman penilaian masing-masing soal jika dijawab benar dengan proses yang benar. Perhitungan nilai akhir skala 0 – 100 sebagai berikut.


Yogyakarta, 3 Januari 2016
Mengetahui


Dosen Pengampu



Dra. M.M. Endang Susetyawati, M.Pd
NIP 19620516 198803 2 001

Guru Mata Pelajaran



Citra Murti Anggraini
NIM 14144100078

                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar